Khasiat Mentimun bagi Kesehatan Ini Seringkali Tidak Dimanfaatkan

tersenyum sehat

Mentimun adalah sayuran yang gampang didapatkan. Tapi pengetahuan kita tentang manfaat mentimun untuk kesehatan kebanyakan hanya sebatas untuk masker. Padahal bila kita mencoba meminum air mentimun rutin setiap hari, badan akan langsung merasakan kesegarannya. Keunggulannya, air mentimun gampang didapatkan dan dibuatnya.


Seperti dilansir buku The Top 100 Healing Foods karangan Paula Bartimeus (Metagraf, 2011), melimpahnya air dan mineral silika dalam mentimun mampu menjaga kelembaban dan kesehatan sel-sel kulit. Kulit yang terbakar matahari, sekeliling mata yang sembab, pereda berbagai gangguan kulit, bisa diatasi dengan mentimun. Vitamin C dan asam kafeat dalam mentimun meringankan inflamasi (peradangan) dan retensi (penumpukan) cairan. Efeknya kulit menjadi cerah, bersinar dan kencang.
Seperti dilansir hellosehat.com (6-11-2016), selain untuk kulit, manfaat air mentimun lainnya adalah:
1.      Mencegah penuaan dini. Polusi udara, sinar matahari, asap rokok, mengandung radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Bila sel-sel yang rusak didiamin tampak lebih tua dibanding usia sebenarnya. Kandungan beta-karoten, vitamin C, mineral mangan, bisa mencegah proses penuaan dini.
2.      Menyetabilkan tekanan darah. Kandungan kalium di dalam mentimun bisa menyeimbangkan kadar sodium di dalam tubuh. Artinya, tekanan darah menjadi stabil.
3.      Detoksifikasi. Bila minum air mentimun, jangan heran bila terpacu untuk lebih banyak kencing. Sifat diuretik dari mentimun ini bisa membuang racun, bakteri dan zat lainnya yang tidak berguna, keluar melalui urine. Karenanya tubuh suka terasa segar bila racun-racun ini terbuang. Artinya, mentimun bisa berfungsi sebagai detoksifikasi.
4.      Mencegah kanker. Penelitian yang pernah dilakukan Robert H. Lurie dari Cancer Center Amerika Serikat menyatakan kandungan kukurbitasin dan senyawa lignan dalam mentimun mampu melawan pertumbuhan sel kanker dan merangsang sistem kekebalan tubuh.
5.      Menyehatkan tulang. Kandungan vitamin K yang tinggi dalam mentimun merangsang produksi protein yang berfungsi dalam pertumbuhan tulang.
Cara membuat air mentimun termasuk mudah. Bersihkan mentimun dalam air mengalir, potong-potong yang tipis (biar nutrisinya cepat terserap air), masukkan ke dalam air dalam botol. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam. Buatlah malam untuk diminum pagi. Atau buat pagi untuk diminum siang. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat.   @@@
foto : medicalnewstoday.com 

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Mentimun bagi Kesehatan Ini Seringkali Tidak Dimanfaatkan"

Posting Komentar