5 Penyakit di Musim Hujan, Hati-hati Bila Mendapati Gejalanya


Setiap musim hujan tiba, bisa disebut langganan beberapa penyakit banyak diderita secara lebih gampang. Tentu saja seringan apapun penyakit, selalu ada gangguannya terhadap kegiatan sehari-hari. Bekerja jadi kurang nyaman sampai malah tidak bisa ngapa-ngapain karena harus berobat dan beristirahat.


Karenanya, sebelum sakit ada baiknya kita waspadai dengan menjaga kondisi tubuh tetap fit. Ini adalah 5 penyakit yang biasa muncul di musim hujan:
1. Diare. Kebanyakan penularan diare melalui makanan yang terkontaminasi bakteri rotavirus, shigella, E. coli, cryptosporidium, dan lainnya. Karenanya hati-hati saat kita makan. Lihat makanannya, perhatikan benda yang dipakai, dan tangan kita. Selalu cuci tangan memakai sabun salah satu pencegahan efektif.
2. Tipes. Penyakit tipes atau bahasa medisnya demam tifoid juga disebabkan oleh bakteri, yaitu bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Makanya jaga juga soal makanan, jangan sampai terkontaminasi bakteri ini. Tipes ini bisa berbahaya karena bila tidak segera ditangani bisa konflikasi dengan penyakit lain yang tentu saja berbahaya.
3. Flu. Penyakit ini seringkali diidap banyak orang saat musim hujan. Mungkin karena gampangnya menular melalui batuk, bersih, atau benda yang sudah terkontaminasi virus influenza. Meski flu ini bisa sembuh sendiri tetap saja bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.
4. Malaria. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk anopheles. Jadi, hati-hatilah dengan banyak genangan yang bisa dipakai berkembang biak nyamuk. Penyakit ini termasuk beresiko bila tidak segera ditangani. Terutama malaria ini banyak kasus di bagian timur seperti Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.
5. Demam berdarah dengue. Penyakit ini dikenal dengan singkatannya yaitu DBD, ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Penyakit ini terutama seringkali menyerang anak-anak. Bila terlambat ditangani seringkali membahayakan. Jadi, sekali lagi, mari jaga lingkungan jangan sampai menjadi tempat nyaman berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti yang berwarna belang itu.
Begitulah, hanya sebagai peringatan. Mari, berperilaku sehat dan menjaga lingkungan. @@@
Sumber dan foto : hellosehat.com

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Penyakit di Musim Hujan, Hati-hati Bila Mendapati Gejalanya"

Posting Komentar