Perut Buncit Akibatkan Penyusutan Otak?


Habis liburan atau karena terlalu sibuk, tanpa disadari saat memegang perut kita terkejut. Lho, lemak sudah berlipat lagi? Pikiran kita lalu tertuju kepada ngemil yang tidak dibatasi saat libur dan kurangnya olahraga. Padahal tidak sesederhana itu. Pertama, lemak perut kan selalu dihubungkan dengan penyakit kardiovaskular. Dan tambahnya, ternyata ada hubungannya antara berlipatnya lemak perut dengan penyusutan otak. Nah lho, khawatir juga ya.


Seperti dilansir jurnal Neurology yang dilansir lagi detik.co (10-1-2019), ada penelitian yang menghasilkan adanya kecenderungan orang obesitas memiliki volume otak lebih sedikit dibanding orang dengan berat badan sehat. Diteliti 9.652 orang dengan indikator obesitas  memiliki materi abu-abu otak sekitar 786 kubik sentimeter. Sementara orang dengan berat badan normal materi abu-abu otaknya sekitar 798 kubik sentimeter.
"Sudah ada studi yang menghubungankan penyusutan otak dengan berkurangnya kemampuan memori dan peningkatan risiko demensia, tapi apakah lemak tubuh ekstra bersifat melindungi atau merusak otak belum pernah dibuktikan," ujar Mark Hamer dari Loughborough University yang memimpin penelitian itu seperti dilansir EurekAlert, Kamis (10/1/2019).


BACA JUGA:

 JANGAN ANGGAP ENTENG UBAN BILA SAKIT INI
 NYAMUK MENGINCAR ORANG YANG BERPENYAKIT INI 
 MENGAPA WANITA MENJADI GEMUK SETELAH MENIKAH?
 MENGAPA BAYI MENANGIS? INI 10 KEMUNGKINANNYA

Tapi apapun hasil study selanjutnya, apakah lipatan lemak perut mempengaruhi menurunnya volume otak atau sebaliknya, bijaknya kita berhati-hati dengan perilaku hidup sehat. Ayo, kita mulai lagi olahraga yang lama ditinggalkan dan mengkonsumsi nutrisi yang seimbang. Hehe... sebenarnya saya ini dalam rangka memotivasi diri sendiri. @@@
Sumber: health.detik.com foto: hellosehat.com

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perut Buncit Akibatkan Penyusutan Otak?"

Posting Komentar