KEKURANGAN MAGNESIUM JANGAN DIANGGAP ENTENG, INILAH 6 GEJALANYA



Kondisi tubuh akan berubah salah satunya saat anda kekurangan sumber makanan. Pola makan yang tak seimbang akan menyebabkan kurangnya nutrisi penting yang diperlukan untuk metabolism dalam tubuh, salah satunya magnesium.
Kekurangan magnesiaum jarang sekali disadari, karena gejalanya terlihat biasa. Padahal, magnesium berperan sangat banyak dalam metabolisme. Lebih dari 300 proses biologis yang terjadi di dalam tubuh. Pada pencernaan, komunikasi antar sel saraf, sampai gerakan pada otot-otot.


Ketika anda mengeluh kelelahan, sulit tidur atau sakit kepala bahkan sering kram otot? siapa tahu anda memang kekurangan magnesium.
Di bawah ini gejala kekurangan magnesium;
1. Nyeri otot/kram. Kadar magnesium yang rendah, bisa menyebabkan muncul kram atau nyeri otot. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan vitamin dengan dosis yang tepat.
2. Ingin ngemil makanan manis. Pada wanita yang sedang menstruasi, yang bawaannya ingin makan atau ngemil yang manis, bisa jadi merupakan tanda kekurangan magnesium.
3. Mual/muntah. Perasaan tidak nyaman di perut juga merupakan gejala awal dari gangguan magnesium.
4. Insomnia. Magnesium akan membatu otak untuk rileks, adanya gangguan pada tidur, salah satu tanda kekurangan magnesium. Suatu kondisi yang menyebabkan kaki bergetar di malam hari.
5. Cemas atau stress. Kecemasan secara tiba-tiba atau stress bisa menjadi salah satu gejala kurang magnesium. Karena salah satu fungsi magnesium membuat otot syaraf menjadi relax.
6. Kelelahan, sakit kepala. Kelelahan juga salah satu tanda kekurangan magnesium, karena magnesium berperan dalam proses metabolisme.
Kekurangan magnesium jika dibiarkan tentu berbahaya. Jika anda mengalami kelelahan atau gejala di atas, segeralah perbaiki pola makan dan istirahat yang cukup. Jika berlanjut anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tambahan vitamin.
Perbaiki pola makan, dengan memakan nutrisi sumber magnesium. Salah satu sumber magnesium yang baik ialah sayuran berdaun, seperti bayam, selain itu sumber magnesium baik lainnya ialah kacang almond, kacang mete, kacang-kacangan, sereal, susu kacang dan kacang hitam.

Namun perlu diingat, jika magnesium berlebihan akan menyebabkan mencret, jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda. @@@
Sumber : tribunnews.com foto: hellosehat.com

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEKURANGAN MAGNESIUM JANGAN DIANGGAP ENTENG, INILAH 6 GEJALANYA"

Posting Komentar