5 Herbal Ini Bisa Mencegah Coronna

herbal pencegah coronna

Beberapa waktu lalu trending istilah empon-empon. Katanya, empon-empon ini bisa mencegah virus coronna (COVID-19). Tidak sembarangan, yang pertama memberi pernyataan tentang empon-empon ini adalah Chaerul Anwar Nidom, guru besar biologi molekuler Universitas Airlangga.

Ternyata, empon-empon ini isinya adalah tanaman herbal yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dikatakan bisa mencegah COVID-19, karena memang tanaman herbal yang lebih dikenal sebagai bumbu dapur ini memang kaya khasiat. Inilah tanaman herbal yang banyak dicari untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini:

herbal pencegah coronna

1. Jahe
Rimpang ini langsung melejit setelah COVID-19 disadari sebagai ancaman serius bagi semua manusia. Harga jahe, terutama jahe merah, melejit di pasar tradisional atau online. Di kita, Indonesia ini, dikenal ada dua jahe, yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe merah disebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bisa membunuh bakteri dan virus di dalam tubuh.

herbal pencegah coronna

2.Kunyit
Bumbu dapur ini mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri. Manfaat dari dua unsur itu sebagai antioksidan, antikanker dan antitumor. Kunyit bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Saya sering menyeduhnya dengan air panas, setelah hangat dicampur sedikit madu. Ehm, badan biasanya menjadi segar.

herbal pencegah coronna

3. Sereh
Rumpun bumbu dapur ini juga banyak manfaatnya. Selain dikenal sebagai obat penurun panas, juga sereh adalah antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan sampai antioksidan. Sereh bisa mengontrol tekanan darah dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Saya sering memasak nasi dengan beberapa serah yang sudah digeprek (ditambah juga daun salam). Nasi menjadi harum dan meningkatkan selera makan. Bagi yang suka rasa, bisa ditambah garam dan yang lainnya.

4. Kencur
Kencur sangat dikenal bagi penyuka jamu. Dalam pengobatan tradisional jamu biasanya dipakai sebagai obat batuk dan melegakan pernapasan. Padahal kencur juga bisa menjaga ketahanan/kebugaran tubuh.

5. Temulawak
Herbal yang satu ini disebut-sebut sebagai pencegah coronna. Mungkin karena selama ini temulawak dikenal mengandung antioksidan yang melindungi dari serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah sumber dari berbagai penyakit. Temulawak juga dikenal sebagai antiperadangan. Dan peradangan menjadi awal dari penyakit seperti jantung dan kanker.

Itulah herbal yang sebenarnya setiap hari sudah kinal baik. Saya mempunyai pohonnya di polibeg atau plastik bekas minyak 2 liter. Lumayan, bila membutuhkan tinggal mengambil. Segar dan tidak mesti ke pasar. Bagi yang memungkinkan, tanam deh di halaman, kelima herbal ini termasuk yang gampang tumbuh.

Salam sehat. Semoga COVID-19 cepat berlalu. @@@

sumber: detik.com., foto: beritabeta.com, ayobandung.com, alodokter.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Herbal Ini Bisa Mencegah Coronna"

Posting Komentar