Cara Mencegah Virus Corona yang Efektif

cara mencegah virus corona yang efektif

Mewabahnya virus corona, COVID-19, semakin menjadi-jadi. Sejak ditemukan di Wuhan, Cina, akhir 201 lalu, hanya dalam beberapa bulan sudah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Serangan infeksi COVID-19 ini nyata adanya. Italia yang saat ini dinyatakan paling parah, dalam sehari mencapai 700 lebih orang yang meninggal.

Karena penularannya yang terbilang gampang, di negara kita pun, terutama pulau Jawa, orang yang dinyatakan positif, ODP, dan meninggal terus bertambah. Dikhawatirkan penyeberannya terus ke pelosok-pelosok.
Karena itu sangat penting untuk mencegah dilakukan oleh pribadi masing-masing. Berikut adalah 5 cara efektif dan mudah mencegah penularan CIVID-19, seperti yang ditulis dr. Sita Laksmi Andarini, Ph.D, Sp.P (K), Specialis Paru MRCCC Siloam Hospitals Semanggi (hellosehat.com):

1. Mencuci Tangan dengan Sabun atau Alkohol.
Cuci tangan adalah pekerjaan sederhana yang ternyata sangat ajaib. Tangan seringkali kotor, menjadi tempat virus atau bakteri, apalagi setelah pulang dari tempat ramai. Termasuk juga penularan COVID-19 ini banyak terjadi setelah berjabat tangan dengan penderita. Karenanya sangat dianjurkan setelah pulang dari tempat ramai, atau setelah menyentuh benda-benda yang bisa jadi telah disentuh oleh orang lain; segera cuci tangan pakai sabun atau alkohol.

2. Hindari Kontak dengan Orang Sakit
Ini mungkin termasuk yang sulit untuk sebagian orang. Terutama yang terpaksa harus bekerja di luar rumah. Apalagi di rumah sakit atau pasar. Kita tentu saja sulit tahu orang mana saja yang sudah bisa menularkan COVID-19. Apalagi semakin banyak didapatkan penderita ini awalnya tidak menandakan gejala sakit. Nah, saat merasa sehat itulah bahayanya banyak berinteraksi dengan orang yang benar-benar sehat. Karenanya anjuran untuk "Tinggal di Rumah" menjadi efektif. Bila tidak ada keperluan mendesak ke luar rumah, jangan deh. Apalagi sekedar nongkrong atau jalan-jalan. Sementara ini hindari dulu deh sebelum "normal kembali".

3. Terapkan Etika Batuk atau Sakit
Saat kita menderita batuk, hati-hati jangan sampai "semprotan batuk" kena ke orang lain. Penularan COVID-19 ini awalnya terindikasi dari cairan penderita yang mengena orang sehat. Makanya saat virus corona ini menyebar ke mana-mana, batuk yang tidak beretika menjadi sebab terjadinya keributan. Atau kalau memungkinkan, saat sakit atau batuk, jangan keluar rumah deh. Di dalam rumah pun, pakailah masker, jangan sampai menulari orang serumah lainnya.

4. Memasak Daging dan Telor Sampai Matang
Virus corona itu termasuk zoonati, yaitu coronavirus menggunakan hewan sebagai vektor dan menjangkit manusia ketika daging hewan tidak dimasak dengan matang. Karena itu, mulai sekarang masak daging atau telur harus matang deh. Hindari dulu telur mentah atau daging setengah matang.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Ini juga sangat penting. Virus akan semakin merajalela saat tubuh tidak dalam kondisi fit. Nah, meski saat ini "tinggal di rumah" berolah raga lah yang rutin. Asupan makanan yang bergizi. Sayuran, buah-buahan, jangan dilupakan. Vitamin C dan D itu penting untuk daya tahan tubuh. Nah, vitamin D banyak didapatkan dari berjemur di matahari pagi. Jangan sepelekan itu, berjemurlah selama 30 menit. Kebiasaan ini jarang dianggap penting. Padahal luar biasa yang akan dirasakan tubuh.

Dan terakhir, berdo'alah menurut kepercayaan masing-masing. Kita do'akan dunia menjadi normal kembali. Kita do'akan Indonesia tidak lebih parah menghadapi wabah COVID-19 ini. Kita do'akan para praktisi kesehatan yang berjuang di garis depan menghadapi virus corona ini. Bagaimanapun, kita rindu suasana normal kembali. @@@

Sumber + foto: hellosehat.com

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah Virus Corona yang Efektif"

Posting Komentar