Temulawak Disebut Bisa Mencegah Virus Corona, Inilah Manfaatnya

temulawak penangkal virus corona

Dalam paniknya pemberitaan mengenai virus corona, ada makanan alami, herbal, yang kemudian terkenal. Diantaranya adalah temulawak dan jahe merah. Harga jahe merah malah kemudian melambung, dari yang biasa dua puluh ribuan per kilogram melonjak mendekati seratus ribu rupiah. Temulawak juga mengalami peningkatan harga meski tidak semelesat itu.

Apa sebenarnya khasiat dari temulawak sehingga disebut salah-satu makanan/minuman yang bisa mengatasi serangan virus corona?

Temulawak sebenarnya bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Terutama di pulau jawa, mbak-mbok jamu gendong selalu membawa ramuan temulawak. Rimpang yang juga dikenal dengan nama curcuma xanthorrhiza dan koneng gede (Sunda) ini memang mempunyai banyak khasiat yang berkenaan dengan kebugaran tubuh.

Dalam Pakistan Journal of Nutrition, Ali Rosidi dan kawan-kawan melaporkan penelitiannya tentang temulawak ini. Tulisnya, temulawak banyak mengandung antioksidan alami yang bisa menangkal berbagai penyakit.

Di antara khasiat temulawak yang sudah terkenal adalah:

1. Penambah napsu makan.
Bila anak-anak susah makan, ingatan ibu-ibu di kampung langsung kepada temulawak. Setelah anak-anak rutin dikasih minum temulawak, makannya akan bertambah banyak dan tidak susah. Kandungan atsiri dalam temulawak ini yang bisa meningkatkan napsu makan. Boleh dicoba oleh yang sedang tidak punya napsu makan.

2. Menurunkan kolesterol jahat
Kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL) bisa diatasi dengan kurkuma dalam temulawak. Hal itu dikatakan dr Arijanto saat menceritakan kurkuma. "Temulawak banyak mengandung minyak atsiri dan kurkuma. Kurkuma untuk menurunkan kolesterol dan atsiri untuk napsu makan," katanya.

3. Mengatasi sakit maag
Sudah lama temulawak dikenal sebagai obat maag. Menurut Profesor Nyoman Kertia, MD, PhD, pakar temulawak dari Universitas Gajah Mada, temulawak dan obat kimia sama-sama bisa menyembuhkan maag. "Ada riset tahun 1995 yang membuktikan ternyata kurkuminoid dan obat kimia sama-smaa mampu mengobati (maag). Tapi pada beberapa kasus, yang mengonsumsi obat kimia mendapat efek samping pusing, mual hingga diare. Kalau kurkuma, memang tidak se-cespleng obat kimia, tapi lama-lama sama menyembuhkan tetapi tanpa timbul efek samping," katanya.

4. Meningkatkan stamina
Temulawak juga mampu meningkatkan stamina tubuh, terutama setelah dikonsumsi rutin. Menurut Medical News Today, antioksidan dalam temulawak mampu mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap tekanan lingkungan dan lainnya.

5. Mengurangi inflamasi
Inflamasi adalah peradangan dalam tubuh. Rajin mengkonsumsi temulawak bisa mengurangi peradangan ini sedikit demi sedikit.

Nah, jelas kan sekarang kenama temulawak disebut sebagai salah satu makanan/minuman yang sanggup meningkatkan imunitas tubuh. Dan tubuh yang bugar, sehat, adalah modal untuk menangkis serangan virus seperti COVID-19 ini. @@@
sumber + foto: detik.com

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Temulawak Disebut Bisa Mencegah Virus Corona, Inilah Manfaatnya"

Posting Komentar