Bila Anak Mengalami Obesitas Begini Cara Mengatasinya


begini cara mengatasi anak obesitas

Saat ini obesitas atau kelebihan berat badan pada anak semakin sering terjadi. Biasanya keluarga yang pola makannya kurang baik, orang tua yang sibuk bekerja, dan lingkungan luar rumah yang jarang ada anak-anak bermain; lebih gampang menjadikan anak kelebihan berat badan. Televisi, kompeter, hp, games; lebih bisa mendiamkan anak asyik duduk di dalam rumah. Takutnya, obesitas seperti tabungan munculnya penyakit di masa depan.
Seperti dilansir hellosehat.com (11-4-2016), penyebab obesitas pada anak lebih dikarenakan gaya hidup. Genetik atau faktor turunan bisa meningkatkan resiko seorang anak mengalami obesitas. Tapi selanjutnya yang berperan adalah gaya hidup. Anak di rumah yang ditinggal orang tua bekerja, terutama di perkotaan, lebih cenderung mencari keasyikan dengan main games, nonton televisi, dsb. Pembakaran kalori tubuh tidak terjadi karena kurang gerak, ngemil malah semakin biasa karena nonton sambil ngemil itu asyik.
Beberapa tips berikut bisa dicoba untuk menghindari anak dari obesitas:
1.         Batasi waktu. Menonton televisi, main games, hp, komputer, memang mengasyikkan buat anak. Tapi batasi waktunya. Dalam sehari hanya boleh nonton waktu tertentu saja, misalnya sore saat acara anak-anak. Bila orang tua bekerja, disiplin waktu ini bisa dititipkan kepada orang dewasa yang tinggal di rumah.
2.         Mengatur pola makan. Seperti dilansir ayahbunda.co.id (19-10-2010), pengaturan makan dimulai dengan makan tiga kali sehari, dengan memperbanyak porsi sayuran. Hindari ngemil. Bila anak masih lapar, kasih buah-buahan. Tapi sementara hindari pisang, mangga, advokat. Kecuali bila anak sudah tidak terlihat kegemukan. 
3.         Bila anak sudah sekolah, jaraknya tidak jauh dari rumah, biasakan untuk pergi berjalan kaki. Diantar pakai kendaraan bila telat saja. Membiasakan berjalan kaki ke sekolah agar anak tidak malas untuk bergerak.
4.         Manfaatkan hari minggu untuk berjalan-jalan. Tidak mesti ke tempat wisata, apalagi yang penuh sesak. Di sekitar rumah pun bisa dilakukan. Berjalan tidak berhenti selama 30 menit, selanjutnya bertambah waktunya, sudah sesuatu yang baik. Selanjutnya bisa mengajak anak berkebun di halaman. Atau mengajak bermain yang banyak pergerakan tubuhnya, semisal futsal, bulu tangkis, dsb. Sesekali pergi untuk berenang bersama, bersepeda bersama, dsb.
5.         Selebihnya dorong anak untuk bermain yang bisa membakar kalori. Di sekitar perumahan tempat saya tinggal, anak-anak lagi senang bermain lompat karet, permainan jadul yang entah siapa mengenalkannya lagi. Atau kalau anak punya minat kepada olahraga tertentu, sebaiknya didaftarkan di club olahraga.
Semoga menambah wawasan dan bermanfaat. @@@
foto:: hellosehat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bila Anak Mengalami Obesitas Begini Cara Mengatasinya"

Posting Komentar