Sayuran Mentah Menyebabkan Infeksi Toksoplasma Pada Ibu Hamil, Benarkah?


toksoplasma pada sayuran mentah

Seorang ibu hamil tidak mau makan sayuran mentah. Alasannya takut terkena infeksi toksoplasma. Menurutnya, sayuran mentah bisa menyebabkan terinfeksi toksoplasma. Benarkah seperti itu? Parasit toksoplasma adalah penyebab toksoplasmosis pada manusia dan hewan mamalia. Selain sayuran mentah, yang kerap ditakuti tempat bersarangnya parasit toksoplasma adalah kucing. Benarkah seperti itu? Berikut adalah beberapa fakta mengenai toksoplasma:
1.         Seperti dilansir tanyadokterhewan.com (21-11-2015), toksoplasma berkembang di daging unggas dan mamalia. Mamalia seperti kucing, anjing, domba, sapi, juga bisa menjadi sarang berkembangnya parasit toksoplasma. Ya, tentu setelah mereka tertular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Kepada manusia toksoplasma ini menular bila mengkonsumsi daging mentah atau kurang sempurna matangnya.
2.         Parasit toksoplasma berkembang di dalam usus kucing. Bila kucing sudah terinfeksi parasit ini, maka dia bisa menularkannya melalui feses (kotoran). Jadi bukan kucing, bulunya, yang menularkan. Berkebun di halaman yang tanahnya bercampur dengan kotoran kucing yang terinfeksi toksoplasma, lebih beresiko tertular toksoplasma dibanding mengelus-elus bulu kucing.
3.         Wanita atau pria bisa saja terinfeksi toksoplasma. Toksoplasma kronis pada pria mengakibatkan menurunnya fertilitas (kemandulan). Wanita yang terinfeksi toksoplasma, terutama yang sedang hamil, mengkibatkan keguguran, kelainan perkembangan janin, sampai kematian janin.
4.         Seperti dilansir detik.com (24-2-2011), wanita lebih sering terinfeksi toksoplasma melalui konsumsi makanan mentah atau yang dimasak tidak sempurna. Sayuran mentah bisa jadi tempat bersarangnya ookista, fase tertentu dari kehidupan parasit toksoplasma. Jadi bukan sayuran mentahnya yang menyebabkan terinfeksi toksoplasma. Tapi ookista yang menempel pada sayuran mentah penyebabnya. Sama halnya dengan bahaya pestisida bila sayuran mentah tidak dicuci dengan benar.
5.         Seperti dilansir pesanlab.com (10-6-2017), umumnya manusia kebal terhadap parasit toksoplasma. Tapi bagi yang mempunyai imunits rendah, termasuk ibu hamil, parasit toksoplasma ini sangat berbahaya. Menurut penelitian, 40% ibu hamil yang terinfeksi toksoplasma di awal kehamilannya mengalami keguguran. Sementara yang terinfeksi setelah kehamilan matang, 90% bayi yang terinfeksi bisa lahir normal, hanya pada masa pertumbuhannya akan mengalami gangguan pada saraf mata, pendengaran, kelainan sistemik seperti pada hati dan limpa, pucat, kuning, dsb.
Semoga menambah wawasan dan bermanfaat. @@@
foto: okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sayuran Mentah Menyebabkan Infeksi Toksoplasma Pada Ibu Hamil, Benarkah?"

Posting Komentar