Ingin Awet Muda? Resep Sederhana Ini Jarang Dilakukan, Kenapa?


begini caranya agar awet muda

Mempunyai badan sehat, wajah tampak awet muda, tentunya adalah idaman semua orang. Perempuan atau laki-laki, sama saja keinginannya untuk urusan awet muda ini. Salah satu yang penting dari proses awet muda adalah inner beauty alias kecantikan dari dalam. Tapi kecantikan hati itu bukan bahasan kita kali ini. Awet muda yang kita maksud adalah perawatan badan, mencintainya dan mengurusnya sebaik mungkin. Dan badan, bila kita mengurus dan mencintainya, akan balik merespon dengan wajah yang indah-berseri.
Seperti dilansir buku @Blog Dokter karangan dr. I Made C. Wirawan (Noura Books, 2014), tip untuk awet muda adalah keseharian yang rajin, rutin, dan tidak mengumbar napsu. Beberapa tip itu bisa disarikan seperti ini:
1.         Saat hari sangat terik, gunakan kaca mata hitam bila ke luar rumah. Kaca mata hitam melindungi mata, juga kulit di sekitar mata, dari sengatan matahari. Seperti dilansir kesehatan-kulit.info (23-7-2017), sengatan sinar matahari yang terlalu lama bisa menyebabkan penuaan dini. Sinar UV matahari bisa menembus ke dalam kulit menyebabkan sel kolagen rusak. Bila sel kolagen rusak, kulit akan kering dan kasar. Lebih jauh lagi, sengatan matahari yang intens bisa menyebabkan kanker kulit.
2.         Jangan merokok. Pembuluh darah yang memberi nutrisi dan oksigen kepada sel-sel kulit menjadi rusak dengan asap rokok. Asap rokok juga menghambat penyembuhan kulit yang luka dan kembali normal. Selain itu, seperti yang tertera di bungkus-bungkus rokok, merokok juga bisa menyebabkan penyakit yang lebih berat lagi.
3.         Mengkonsumsi makanan yang sehat. Ini poin yang termasuk berat juga bagi banyak orang. Perbanyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan makanan yang kaya serat. Jangan terlalu banyak makanan bergula dan berlemak jenuh. Banyak orang yang sudah tahu tentang pengetahuan makanan yang sehat bagi tubuh ini, tapi disiplin memilihnya memang tidak gampang. Harus ada komitmen tegas dari diri sendiri. Ayo, kita mulai sehat.
4.         Merawat kulit. Bersihkan kulit setiap hari. Sehabis kerja, bepergian, sebelum istirahat malam, jangan lupa bersihkan dulu kulit. Mandi dengan menggunakan sabun yang cocok. Bersihkan wajah dengan air hangat dan sabun yang cocok. Seperti dilansir tipkecantikan.com (20-5-2015), sesekali maskeran dengan buah-buahan sangat diperlukan. Masker pepaya, pisang, putih telur, lidah buaya; adalah yang biasa dibikin masker untuk perawatan wajah. Pentingnya masker untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. Bila tidak diangkat, sel kulit mati akan menumpuk, kering, dan membuat kulit kelihatan serta kusam.
5.         Istirahat yang cukup. Sesekali begadang bersama teman-teman bisa saja dilakukan. Tapi seperti kata raja dangdut Rhoma Irama, jangan begadang (terus-menerus) bila tiada artinya. Istirahat yang cukup meningkatkan kesehatan tubuh, kulit, dan mental.
6.         Hindari stress. Saat ini banyak hal yang bisa menyebabkan stress. Pekerjaan, lingkungan berpolusi, macet, kecanduan medsos, dsb. Sesekali badan dan mental perlu beristirahat, rekreasi. Tidak perlu yang mewah, jauh, dan mahal. Berkebun di halaman, olah raga di alam, memancing, meditasi, adalah contoh untuk memulihkan kesegaran badan dan mental.
7.         Minum air putih yang cukup. Air putih menjaga kelembaban tubuh. Bagi wanita 6-8 gelas sehari, pria 8-12 gelas, harus diusahakan masuk ke dalam tubuh. Air putih, selain membuat lembab tubuh, juga cerah pada kulit.
Anehnya, resep sederhana ini jarang dilakukan. Apakah karena susah? Ah, mudah dan susah mungkin hanya tipis saja batasnya. @@@
foto: seruni.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Awet Muda? Resep Sederhana Ini Jarang Dilakukan, Kenapa?"

Posting Komentar