NYAMUK MENGINCAR ORANG TERTENTU. HATI-HATI BILA ANDA....

tersenyum sehat

Hujan turun sesekali. Musim pancaroba tiba. Musim peralihan ini biasanya ditandai dengan banyaknya nyamuk berkeliaran.  Mungkin karena setelah sesekali hujan ada air tergenang di mana-mana. Tahukah Anda, nyamuk ternyata lebih mengincar orang tertentu. Orang seperti apakah yang diincar nyamuk?
Seperti yang dilansir kompas.com (28-6-2017), ada lima tipe orang yang lebih sering dikejar nyamuk. Begitulah seperti yang dihasilkan dari penelitian Universitu of Florida yang dipimpin Dr. Phil Koehler. Lima tipe orang itu adalah:

1.      Orang Berkeringat
Hati-hatilah bila Anda termasuk gampang berkeringat. Nyamuk menyukai bau pekat dari keringat. Keringat membuat produksi karbondioksida dan asam lactik meningkat sehingga menciptakan aroma tubuh yang pekat. Menurut Dr. Koehler, nyamuk menyukai aroma pekat karena tingkat karbondioksida yang tinggi.
2.      Orang Berkadar Asam Urat Tinggi
Asam urat juga ternyata menebarkan aroma pekat. Bagi nyamuk, aroma pekat itu adalah panduan untuk mencari makanan dan menggigit. Bila kadar asam urat Anda sedang tinggi, hati-hati bukan hanya akibatnya yang biasanya gatal-gatal dan rasa sakit, tapi juga dari serbuan nyamuk.
3.      Orang Bergolongan Darah O
Golongan darah ternyata membawa bau yang khas. Orang yang bergolongan darah O baunya lebih menyengat. Bau inilah yang dicium nyamuk. Maka hati-hatilah bila Anda bergolongan darah O. Dan celakanya, golongan darah saya O. Oh, ampyunn nyammuukk....
4.      Peminum Alkohol
Orang yang biasa minum alkohol, apalagi secara rutin, biasanya suhu tubuhnya lebih tinggi dibanding orang tidak minum. Nyamuk juga peka terhadap suhu tubuh yang panas. Dia akan mengejar peminum alkohol untuk menggigitnya. Sayanya belum ada penelitian, apakah nyamuk yang menggigit peminum alkohol itu bisa mabuk juga atau tidak hehe....
5.      Orang Jorok
Bila Anda termasuk yang biasa memakai kaus kaki (misalnya) tanpa diganti-ganti selama seminggu, apalagi sampai sebulan, Anda bukan hanya layak disebut jorok. Tapi Anda juga beresiko dikejar nyamuk. Ya, karena nyamuk ternyata suka terhadap bau menyengat dari kaus kaki bau. Makanya bila kaus kaki Anda sudah bau, kenakanlah kepada manekin. Biar nyamuknya bingung, kok ada kaki orang keras begini....
Hellosehat.com (tanggalnya tidak terlacak), menambahkan daftar orang beresiko jadi korban nyamuk itu. Di antaranya adalah:
6.      Orang Gemuk
Seperti sudah dibahas tadi, nyamuk itu suka dengan bau karbondioksida. Nah, semakin gemuk orang semakin banyak mengeluarkan karbondioksida. Hati-hatilah, bila Anda termasuk gemuk. Bila Anda ketemu nyamuk, maka vampir kecil itu sebenarnya berkata: “Next you....!”
7.      Ibu Hamil
Wanita yang sedang hamil cenderung suhu tubuhnya lebih tinggi. Suhu tubuh ini menarik perhatian nyamuk untuk mendekati. Ditambah lagi wanita hamil mengeluarkan karbondioksida lebih banyak dibanding orang biasa. Lengkaplah daya tarik wanita hamil ini bagi nyamuk.
 foto: sciencemag.org

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NYAMUK MENGINCAR ORANG TERTENTU. HATI-HATI BILA ANDA...."

Posting Komentar