KHASIAT BAWANG MERAH TIDAKLAH MURAH

tersenyum sehat

Bawang merah tidak asing lagi bagi kita. Bagi yang suka masak, atau minimal larak-lirik di dapur, bawang merah selalu ada. Ya, karena mulai dari bikin sambal, nasi goreng, sampai sop, gulai dan “masakan berat” (hehe... istilahnya) lainnya; menggunakan bawang merah sebagai bumbum.


Bumbu masak berupa umbi ini berasal dari Asia Tengah dan Syria. Sekarang tentu saja sudah merambah dunia. Harganya termasuk murah, karena melimpah dan banyak kegunaannya itu. Tapi siapa yang menyangka, selain dipakai sebagai bumbu masak, bawang merah pun punya khasiat yang tidak murah. Seperti dilansir dari buku Tanaman Obat Keluarga karangan Setiadi R. dan B. Sarwono, khasiat bawang merah di antaranya adalah:
1.      Mengatasi Impotensi (BACA : MENGATASI IMPOTENSI DENGAN BUMBU DAPUR. MUDAH DICARI
2.    Diabetes Melitus. Penyakit ini bila tidak “disahabati” termasuk kejam juga. Berikut ramuan untuk mengbati penyakit ini: Bersihkan 3 siung bawang merah, 10 potong buncis dan 10 helai daun salam. Semua bahan diiris-iris seperlunya, lalu rebus dengan air setengah gelas sampai mendidih. Dinginkan rebusan itu, lalu saring, dan minum. Cukup sehari satu kali. Setelah dua minggu, coba periksa lagi kadar gula ke laboratorium.
3.      Darah Tinggi. Cara mengobatinya: ambil 3 siung bawang merah, kupas kulitnya, bersihkan, dan makan mentah-mentah.
4.      Masuk Angin. Cara mengobatinya: ambil 8 siung bawang merah, kuliti dan bersihkan, lalu tumbuk sampai halus. Tumbukan bawang merah itu campur dengan air kapur sirih seperlunya, lalu remas-remas, dan gosokkan ke tulang punggung, tengkuk, perut dan kaki. Lakukan 1-2 kali sehari dengan takaran yang sama.
5.      Asma. Cara mengobatinya: 2 siung bawang merah, 6 buah cermai, setengah genggam akar kara, 8 buah lengkeng kupas. Semua bahan dibersihkan dan direbus dengan 2 gelas air. Setelah dingin, tinggal minum 2 X sehari sebanyak sepertiga gelas.
6.      Muntah-Muntah. Cara mengobatinya: 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, seperempat jari jahe, dam 10 butir lada hitam. Semua bahan dibersihkan, ditumbuk sampai halus, lalu dlarutkan ke setengah gelas air matang. Peras dan saring ramuan itu. Sebelum diminum, campur dengan satu sendok makan madu. Minum ramun ini 1-2 kali sehari.
7.      Encok (Rematik). Cara mengobatinya: 5 siung bawang merah, 2 jari jahe, dibersihkan dan tumbuk sampai halus. Ramuan ini tambahkan secangkir tepung terigu, dan air secukupnya, lalu remas-remas. Ramuan ini dipakai menggosok dan mengurut bagian yang sakit. Lakukan 2 – 3 kali sehari.  
sumber foto: desibucket.com 

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KHASIAT BAWANG MERAH TIDAKLAH MURAH"

Posting Komentar