JANGAN REMEHKAN MANFAAT AIR PUTIH. No 6 TIDAK TERDUGA

tersenyum sehat
foto: circuitworksia.com

Dalam hidup keseharian, air putih seringkali dianggap tidak penting. Mungkin karena harganya murah dan keberadaanya melimpah. Di rumah, kantor, atau di jalan, air putih bisa gampang ditemui. Karenanya air putih dianggap tidak mempunyai manfaat terapi. Padahal beberapa penyakit ringan seperti pusing, lemas kurang bertenaga, air urine gelap dan sedikit, bisa jadi hanya gejala kekurangan cairan.


Tubuh manusia itu terdiri dari 70% cairan. Sementara air di dalam tubuh mengalami pengurangan melalui keringat, mulut saat bicara, buang air besar dan kecil. Karena itu manusia butuh asupan air yang memadai setiap harinya. Seperti dilansir alodokter.com, seorang wanita dewasa setidaknya membutuhkan air 1.6 liter sehari, dan pria dewasa membutuhkan 2 liter seharinya. Sementara kebanyakan orang enggan untuk minum, terutama air putih.
Padahal air putih sendiri mempunyai manfaat terapi bila diminum secara teratur. Ada anggapan wanita Jepang rata-rata lebih langsing dan sehat karena mempunyai tradisi minum air putih begitu bangun tidur. Sayangnya, anggapan ini belum menjadi penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan.
Kompas.com (4-7-2017) melansir bahwa minum air putih setelah bangun tidur adalah metode hidup sehat yang telah terbukti. Setidaknya kebiasaan itu dapat mengobati kelainan tubuh, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata. Anjurannya, minumlah empat gelas air setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan perut masih kosong, setidaknya 30 menit sebelum makan. Mengenai banyaknya air putih yang diminum, bisa bertahap dari satu gelas dulu.
Berikut adalah manfaat bila kita telah meminum empat gelas air putih setiap bangun tidur:
1.      Menghilangkan racun tubuh. Saat istirahat tidur, tubuh mengeluarkan berbagai racun. Saat kita minum dan keluar lagi melalui buang air kecil, racun-racun itu juga terbawa.
2.      Membantu kelancaran metabolisme. Artinya juga pencernaan jadi lancar, makanan lebih cepat terserap. Bagi yang suka diet, pencernaan  lancar menjadikan disiplin lebih mudah lagi.
3.      Menunda rasa lapar. Minum air putih saat perut kosong akan membersihkan racun dan memperbaiki sistem pencernaan. Saat itu rasa lapar akan tertunda. Artinya mencegah kenaikan berat badan.
4.      Menghilangkan gangguan pencernaan. Minum air putih saat perut kosong akan mengencerkan keasaman di tubuh, mencegah kenaikan asam lambung. Sementara ganguan pencernaan terjadi karena keasaman di perut meningkat. Penderita sakit maag akan merasakan asam lambung naik ke mulut.
5.      Membuat kulit lebih sehat. Kekurangan cairan menyebabkan kulit berkeriput. Minum empat gelas air putih saat perut kosong akan meningkatkan aliran darah di kulit dan membuatnya bersinar.
6.      Mencegah kebotakan. Dehidrasi bisa menyebabkan rambut rapuh dan tipis. Bila berkepanjangan, kekurangan cairan menyebabkan kebotakan. Minum air putih saat perut kosong memberi nutrisi pada rambut. Hampir seperempat air membentuk berat sehelai rambut.Artinya, minum air putih pun bisa mencegah kebotakan.

7.      Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Minum air putih saat perut kosong akan membantu membuang racun di dalam ginjal. Kadar asam di dalam ginjal akan menjadi encer. Sementara yang membuat keristal batu di dalam ginjal adalah kadar asam yang tinggi. @@@

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JANGAN REMEHKAN MANFAAT AIR PUTIH. No 6 TIDAK TERDUGA"

Posting Komentar