BILA SI KECIL TERKENA FLU

tersenyum sehat
Musim hujan seringkali cuaca begitu jelek. Udara dingin sampai berkabut, hujan turun-berhenti tidak mengubah cuaca, matahari bersembunyi entah di sebelah mana. Menghadapi cuaca seperti itu seringkali yang lebih rawan adalah anak-anak. Ya, karena anak-anak tidak pernah takut akan apapun. Mereka bisa bermain di udara buruk. Dan malamnya bisa jadi gejal flu langsung dialaminya.




Flu ini disebabkan oleh infeksi pada organ pernafasan (hidung, tenggorokan, paru-paru). Penyebabnya adalah beberapa jenis virus. Apa saja gejala flu pada anak-anak? Seperti yang dilansir dari mayoclinic.org, ada beberapa ciri anak yang terserang flu. Di antaranya adalah:
·         Demam di atas 38 oC
·         Kaku dan sakit otot terutama di bagian punggung, tangan, dan kaki.
·         Keringat dingin
·         Sakit kepala
·         Batuk kering
·         Hidung tersumbat
·         Badan lemas dan pegal-pegal

Bila si kecil sudah terlanjur mengalami gejala seperti di atas, saran pertama para ahli kesehatan adalah istirahat total. Berikut adalah bebera cara yang membantu meredakannya:
·         Berkumur dengan air garam. Larutkan satu sendok teh garam ke dalam gelas berisi air hangat. Ajarkanlah si kecil berkumur dengan air garam itu. Belum tersusuri, ada apa di dalam air garam sehingga bisa membantu mengatasi flu. Tapi penelitian yang dipublikasikan The American Journal of Preventive Medicine (2005), menyatakan berkumur dengan air garam dapat menurunkan resiko flu sebesar 40%.
·         Minum yang banyak. Bujuklah si kecil agar minum yang banyak. Bisa air putih, susu, jus buah-buahan, teh, atau sup panas. Atau cairan hangat lainnya seperti air jahe dan gula merah. Apapun yang disukai anak bisa dicoba.
·         Flu biasanya tidak terlalu mengganggu kepada selera makan. Kasih makanan yang bernutrisi bagus untuk mengatasi flu. BACA : MENGHINDARI FLU DI MUSIM HUJAN DENGAN PILIHAN MAKANAN
·         Bila dalam beberapa hari gejala flu tidak reda, baru dibawa ke dokter. Siapa tahu anak sudah perlu mengkonsumsi obat untuk meredakan gejala flu itu.
sumber foto: mauritiusdirectory.org

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BILA SI KECIL TERKENA FLU"

Posting Komentar