MENGHINDARI FLU DI MUSIM HUJAN DENGAN MAKANAN PILIHAN

tersenyum sehat
Musim hujan telah tiba. Pagi, siang, sore, malam, bisa saja terjadi hujan. Bisa seharian juga hujan turun meski gerimis. Udara menjadi dingin. Untuk tetap beraktivitas, hujan pun kadang ditembusnya. Keadaan itulah yang menjadikan penyakit flu merajalela. Orang bersin seringkali terdengar di mana-mana. Bila tidak ditutupi sapu tangan atau tisue, bersin juga menjadi salah satu menyebarkan flu yang efektif.


Salah satu tips untuk menghindari flu di musim hujan, ya daya tahun tubuhnya yang harus bagus. Daya tahan tubuh ini didukung oleh makanan yang tepat. Seperti dilansir dari Today.com, berikut adalah makanan yang disarankan dikonsumsi di musim hujan.
1.      Buah-buahan dan Sayuran
Buah-buahan dan sayuran yang berwarna banyak mengandung zat Kuersetin. Zat ini dipercaya bisa melawan virus flu. Buah dan sayuran juga kaya akan vitamin yang diperlukan untuk kebugaran tubuh. Untuk menjaga kesehatan, sekarang semakin berkembang yang memilih sarapan dengan buah-buahan. Makan siang baru mereka mengkonsumsi nasi dan makanan berkarbohidrat lainnya. Daging-dagingan dan makanan unsur hewani lainnya dinikmati dengan sayuran.
2.      Bawang Putih
Bawang putih sudah terkenal sebagai antibiotik alami. Mengkonsumsinya secara rutin membantu membangun kekebalan tubuh. Tentu saja ini membantu tubuh dalam menghadapi virus penyebab flu.

BACA JUGA: BILA SI KECIL TERKENA FLU

3.      Sup Ayam
Pernahkah melihat adegan anak yang kehujanan lalu dikasih sup ayam panas dalam film-film Hollywood? Saya sering melihatnya. Artinya, banyak kemungkinan sup ayam pencegah flu ini sudah memasyarakat di Amerika dan Eropa. Kenyataan itu memang diperkuat dengan hasil penelitian dari American College of Chest Physicians yang membuktikan bahwa sup ayam sangat efektif mencegah flu. Dalam sup ayam ada zat-zat yang dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan pada bagian atas. Wortel dan bawang merah yang banyak dalam sup ayam juga bisa meningkatkan antioksidan.
4.      Biji-bijian
Biji-bijian seperti beras merah dan gandum, bisa membantu berkembangnya bakteri usus. Dan bakteri usus ini akan memancing kekebalan tubuh seseorang semakin baik.
5.      Minyak Ikan
Minyak ikan banyak mengandung omega-3. DHA, jenis omega-3 yang banyak ditemukan dalam minyak ikan, bisa memancing aktivitas sel darah putih. Artinya, makan ikan yang teratur bisa meningkatkan kekebalan tubuh.   
simber foto: healthstaff.co.za 

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGHINDARI FLU DI MUSIM HUJAN DENGAN MAKANAN PILIHAN"

Posting Komentar