HATI-HATI, INI PENYEBAB INSOMNIA yang SERING KITA LAKUKAN

urafex.com.ph
Insomnia bisa diartikan kesulitan tidur. Insomnia kronis malah tidak bisa tidur sama sekali. Awalnya insomnia ini bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan yang dianggap enteng. Lama-lama kebiasaan itu benar-benar memicu insomnia. Tentu saja bila sudah begitu, akan runyam masalahnya. Ya, karena insomnia sendiri memicu berbagai penyakit. Mulai dari penyakit fisik sampai psikis.
Seperti yang dilansir Healthyfood.co, tujuh kebiasaan yang menjadi penyebab insomnia secara perlahan. Bisa jadi ada kebiasaan berikut ini yang sering kita lakukan. Maka, hindarilah segera sebelum insomnia betul-betul kita alami.
1.      Minum kopi berlebihan. Kandungan populer di dalam kopi adalah kafein. Salah satu akibat yang ditimbulkan kafein adalah terbangun. Kafein sanggup menghalangi stimulan tidur di dalam otak. Karenanya minum kopi menyegarkan. Tapi bila berlebihan, apalagi dikonsumsi mendekati waktu tidur, akan menjadi gangguan tidur.
2.      Stress. Stress membuat pikiran terus bekerja. Kecemasan sedikit saja membuat bahan pikiran yang panjang. Keadaan ini tidak perduli bahwa badan lelah dan memerlukan istirahat. Keseringan stress akan menjadikan kesulitan tidur pun lebih sering lagi. Dan akhirnya menjadi insomnia.
3.     

Kondisi medis. Kondisi sakit tertentu bisa membuat mata tetap terbuka. Mengkonsumsi obat tekanan darah dan antidepresan, juga bisa mengganggu tidur. Efek ini juga bisa dirasakan saat seseorang mengkonsumsi produk penurun berat badan dan obat nyeri.
4.      Berolahraga sebelum tidur. Olahraga adalah sesuatu yang baik. Tapi bila hal itu dilakukan satu-dua jam sebelum waktu tidur, akan mengganggu tidur itu sendiri. Olahraga akan meningkatkan suhu tubuh dan mengurangi kadar melatonin (hormon penting untuk sirkulasi tubuh), sehingga sulit untuk tidur.
5.      Perubahan gaya hidup. Pekerjaan sering kali merubah ritme kehidupan kita. Misalnya bekerja yang mengharuskan masuk shift malam. Atau juga keadaan temporer seperti pindah rumah atau perhelatan seperti pernikahan. Keadaan seperti itu akan mengganggu kebiasaan tubuh. Waktunya tidur bisa terjaga, dan waktu terjaga bisa ngantuk berat. Bila terus menerus terjadi, keadaan seperti itu bisa memicu insomnia.

BACA: Jangan Remehkan Manfaat Air Putih. No 6 Tidak Terduga

6.      Makan besar. Mencicipi makanan ringan sebelum tidur masih bisa ditolerir oleh tubuh. Tapi bila makan termasuk banyak, tubuh tidak akan nyaman untuk tidur. Saat berbaring, beberapa orang malah mengalami sakit. Pencernaan di dalam perut belum selesai, ini mengakibatkan rasa sakit saat berbaring
7.      Alkohol. Banyak orang beranggapan alkohol membantu untuk tidur. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Awalnya mungkin peminum alkohol bisa tertidur, tapi besoknya akan bangun dengan segera. Dan efek gelisah dari alkohol bisa membuat pecandu tidak benar-benar merasa tidur.

Dari tujuh pemicu insomnia ini, mana saja yang sering Anda lakukan? Ada baiknya untuk segera menghindari dan menyiasatinya. @@@

 tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HATI-HATI, INI PENYEBAB INSOMNIA yang SERING KITA LAKUKAN"

Posting Komentar