MAKAN SEBUTIR TELUR SETIAP HARI MENINGGIKAN BADAN ANAK

tersenyumsehat.com
foto: Cosmomom.net
Kita kurang percaya dengan hasil penelitian yang dilakukan di Ekuador. Hasil dari penelitian itu, stunting atau postur tubuh pendek pada anak-anak, ternyata bisa diatasi dengan telur. Anak-anak yang makan sebutir telur setiap hari secara rutin akan terhindar dari stunting. "Kami sangat kaget, pemberian telur bisa menjadi cara yang murah untuk mencegah stunting," kata Lora Lannotti yang melakukan riset itu.


Tentu saja ini sesuatu yang membahagiakan. Karena telur termasuk makanan yang mudah didapatkan dan murah. Kita bisa menemukannya di warung manapun dengan harga yang terjangkau. Selama ini memang jarang-jarang ada yang secara rutin mengkonsumsi telor sertiap hari. Padahal makan telor setiap hari, secara rutin, hasilnya begitu menakjubkan. Terutama bagi anak-anak yang masa pertumbuhannya masih begitu cepat.
Dilansir dari kompas.com (10-6-2017), makan telor satu butir sehari bisa membantu kecukupan gizi anak. Tandanya anak yang cukup gizi adalah anak itu tidak gampang sakit, postur tubuh tidak pendek, dan tumbuh kembangnya optimal. Stunting atau pastur tubuh pendek, masih menghantui anak-anak di seluruh dunia saat ini. Dalam catatan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), sekitar 155 juta balita di seluruh dunia mengalami stunting. Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada 9 juta anak balita mengalami stunting.
Stunting sendiri merupakan akibat dari masalah gizi kronis dalam waktu lama. Bahayanya, anak stunting akan memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah, juga rentan terhadap penyakit saat dewasa. Untungnya, baru-baru ini dilakukan sebuah penelitian di Ekuador, hasilnya anak-anak stunting bisa datasi dengan makan sebutir telor setiap hari.


Karena begitu hebatnya khasiat telor, orang kemudian bertanya dan meneliti, ada zat apa sebenarnya di dalam telor? Situs webkesehatan.com melansir bahwa nutrisi telor sangat susah ditandingi. Karena itu telor disebut sebagai “superfood” alias makanan super.
Dalam sebutir telor banyak mengandung nutrisi. Protein, vitamin, asam amino, zat antioksidan, sudah ada di dalam telor. Bila tidak dari telor, nutrisi itu harus didapatkan dari kumpulan beberapa makanan. Karena itu sebutir telor banyak memberikan manfaat bagi tubuh, sumber protein tinggi, meningkatkan kecerdasan otak, dan manfaat lainnya.
Telor adalah sumber protein tinggi.  Sedangkan protein adalah pembentuk utama dalam tubuh. Protein memperbaiki jaringan yang rusak, membentuk jaringan baru yang sehat, dan merangsang pertumbuhan. Protein inilah yang membuat pertumbuhan tinggi badan anak meningkat. Nutrisi itulah yang memicu pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi, mari dari sekarang kasih anak-anak sebutir telor setiap hari. @@@

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MAKAN SEBUTIR TELUR SETIAP HARI MENINGGIKAN BADAN ANAK"

  1. Sangat bermanfaat, Mbak Lina.
    Kalau saya kadang mensiasati dengan mencampur telur ke bahan makanan lainnya.

    BalasHapus
  2. Tepat sekali. Kadang anak malas makan telur rebus meski sudah diisui dengan dongeng. Tapi bila dicampur di cireng atau seblak, biasanya habis....

    BalasHapus