PLUS-MINUS "SI HITAM" KOPI

tersenyum sehat
playbuzz.com

Saat ini jutaan orang menjadi penggemar kopi di seluruh dunia. Mereka setiap hari minum kopi, bahkan sampai beberapa gelas. Tapi banyak juga orang yang bertahan tidak minum kopi, karena kopi dipercaya mengandung zat yang membahayakan untuk hidup. Karena itulah setiap ada kabar tentang kopi, penelitian tentang kopi, selalu menarik perhatian orang.



Kompas.com (11-7-2017) melansir pernyataan konsultan kesehatan Bob Arnot yang menulis buku The Coffee Lover’s Diet. Menurut Bob, secangkir kopi bisa membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, mengurangi efek buruk makanan berlemak, sekaligus membantu membakar lebih banyak kalori.
“Efek pertama yang harus diperhatikan adalah peningkatan metabolisme,” kata Arnot. “Anda akan membakar 100 kalori lebih banyak bila minum kopi dibanding bila tidak.” Selanjutnya Bob Arnot menyatakan bahwa kopi bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan laju metabolisme. Kabar itu tentu saja membesarkan hati para penggemar kopi.
Tapi sehari kemudian kompas.com (12-7-2017) melansir sebuah peristiwa yang besar kemungkinan berkaitan dengan kopi. Seorang remaja bernama Firman Hidayat (15) meninggal seketika seusai minum es kopi di warung Hore di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Pasuruan, Rabu (12/7/2017). Bila peristiwa itu ada hubungannya dengan kopi, maka akan semakin banyak yang takut minum kopi.
Webkesehatan.com melansir sebuah penelitan National Cancer Institute yang melibatkan 400 ribu orang dan diterbitkan di New England Journal of Medicine, yang menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil. Berikut adalah manfaat minum kopi secara teratur yang dilansir webkesehatan.com:
·         Mencegah batu empedu. Tahun 2002 penelitian Harvard menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berisiko 25 persen lebih rendah terkena batu empedu. Sebelumnya penelitian serupa menemukan hasil yang sama untuk pria.
·         Mencegah depresi. Tahun 2011 Archives of Internal Medicine menyatakan bahwa perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi.
·         Meningkatkan memori. Sebuah studi tahun 2015 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.
·         Mengurangi risiko diabetes. Laporan Journal of Agricultural & Food Chemistry (Januari 2012) menjelaskan bahwa efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.
·         Menurunkan risiko kanker. Kopi sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara endometrium, prostat dan kanker hati. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara. Studi serupa di Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi mengakibatkan penurunan risiko kanker prostat.
·        

Meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah studi tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh. Orang yang mengalami obesitas, bila mengkonsumsi kopi, akan mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.
·         Menurunkan risiko terkena parkinson. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari menjadikan seseorang memiliki peluang 25 persen lebih kecil mengalami penyakit tersebut. Dan banyak lagi manfaat lainnya.
Selain khasiatnya, kopi pun punya efek samping yang sudah terkenal. Halosehat.com (27-2-2015) melansir beberapa efek samping setelah minum kopi, di antaranya adalah:
·         Meningkatkan detak jantung. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung. Karenanya penderita sakit jantung sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi berlebihan.
·         Meningkatkan asam lambung. Penderita maag seringkali tidak kuat minum kopi karena asam lambung yang meningkat ini.
·         Meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol. Ini menyebabkan lemak dalam tubuh mengendap, terjadilah penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.
·         Berbahaya bagi janin di dalam kandungan. Kafein dapat menyerang plasenta, sirkulasi darah dan detak jantung meningkat pada janin di dalam kandungan. Ini bisa menyebabkan keguguran.
·         Menyebabkan insomnia alias tidak bisa tidur.
·         Merusak gigi. Kopi mengakibatkan gigi berlubang, gigi berwarna kuning, dan membuat karang gigi.
·         Menyebabkan gelisah. Kebanyakan minum kopi bisa menyebabkan gelisah, jantung berdebar, tangan gemetar, mual dan muntah.
·         Menaikkan tekanan darah.
Plus-minum kopi ini sangat perlu diketahui oleh para penggemar kopi dan juga yang antikopi. Para penggemar janganlah berlebihan mengkonsumsinya karena bisa mengakibatkan tidak baik. Bagi yang antikopi juga jangan terlalu takut, karena kopi begitu besar khasiatnya. Pastinya, mengkonsumsi apapun ya jangan berlebihan. @@@

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PLUS-MINUS "SI HITAM" KOPI"

Posting Komentar