PLUS-MINUS "SI ASAM-MANIS" NANAS

tersenyum sehat
foto: medicalnewstoday.com

Selama ini kita hanya mengenal nanas sebagai makanan penyegar. Bila tidak dibuat rujak, paling sesekali minum jusnya. Tapi jarang yang secara rutin meminumnya. Nanas seringkali hanya didapatkan secara temporer. Waktu Lebaran atau perayaan lain, sengaja orang membeli nanas. Padahal bila tahu khasiatnya, nanas adalah buah-buahan yang tidak bisa diabaikan.


Kompas.com (22-6-2017) melansir, nanas kaya akan kandungan bromelain, yaitu enzim yang penting untuk mencerna protein, juga berkhasiat sebagai “obat pencernaan”. Selain itu, bromelain ini biasa dipakai untuk anti-peradangan, anti-pembekuan darah, dan untuk anti-kanker.
Nanas juga merupakan sumber vitamin C yang kaya. Bersama dengan zat mangan, vitamin C ini diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas. Mangan ini juga termasuk mineral penting untuk memproduksi energi tubuh. Dengan begitu, tiga kandungan itu saja sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Mediskus.com melansir manfaat buah nanas sudah diteliti sejak abad ke-15. Di antaranya manfaat yang populer di dunia kesehatan sebagai berikut:
1.      Mencegah kanker. Zat bromelain, berbagai senyawa flavonoid, mangan; dalam sejumlah penelitian memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker pada mulut, tenggorokan dan payudara.
2.      Mengobati radang sendi. Khasiat nanas yang ini paling populer di dunia kesehatan. Nanas sanggup mengobati peradangan sendi, terutama yang berhubungan dengan atritis. Atritis adalah penyakit pada sendi yang mengalami kekakuan, pembengkakan, keterbatasan bergerak, dan rasa sakit. Bromelain dalam nanas sangat berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks. Karena itu nanas berkemampuan sebagai anti-peradangan, karena awal dari peradangan adalah tidak tercernanya protein.
3.      Meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya adalah vitamin C ini merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.
4.      Memperlancar pencernaan. Nanas kaya akan serat, baik yang larut atau yang tidak. Karenanya rutin mengkonsumsi jus nanas memperlancar pencernaan, melindungi dari berbagai gangguan konstipasi, diare, iritasi usus.
5.      Mengobati batuk dan pilek. Enzim bromelain ternyata bisa mengurangi dahak dan lendir. Karenanya mengkonsumsi nanas saat batuk membantu proses penyembuhannya.
6.      Membantu pertumbuhan. Nanas memang tidak begitu banyak mengandung kalsium, tapi sangat kaya kandungan mangan. Mangan ini adalah salah satu zat yang berperan penting dalam memperkuat tulang. Bagi anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan, juga bagi orang tua untuk menjaga keropos tulang; nanas sangat penting.
7.      Mengencangkan kulit. Mengkonsumsi nanas memberi sintesis kolagen di dalam tubuh. Sementara sintesis kolagen erat kaitannya dengan kekencangan kulit. Semakin tinggi sintesis kolagen semakin kencang dan fleksibel kulit.
Tapi sebelum mengkonsumsi nanas secara teratur, sebaiknya diperhatikan akibat lainnya yang bisa jadi buruk untuk orang tertentu. Agrobisnisinfo.com melansir beberapa efek samping saat orang makan nanas. Di antaranya adalah:
1.      Nanas muda mengandung abortivum, yaitu zat yang dapat menggugurkan kandungan. Nanas muda ini berfungsi sebagai obat melancarkan terlambat haid. Tapi perempuan hamil sebaiknya menghindari makan nanas.
2.      Nanas memicu rematik. Nanas yang terfermentasi menjadi alkohol di dalam saluran cerna dapat memicu rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
3.      Nanas yang matang mengandung kadar gula yang tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi nanas.
4.      Penderita alergi kadang merasakan gatal sehabis makan nanas. Bagi penderita alergi ringan bisa menghindari gatal itu dengan merendam nanas dengan air garam sebelum dikonsumsi. Tapi bagi penderita alergi akut, akibat gatal ini harus diperhatikan, karena bisa berbahaya. @@@

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PLUS-MINUS "SI ASAM-MANIS" NANAS"

Posting Komentar