Ingin Mata Cemerlang, Cermati Khasiat dan Efek Samping Jagung Manis


khasiat jagung manis buat mata cemerlang

Jagung manis adalah cemilan yang termasuk populer. Harganya pun sangat terjangkau. Malah saat musim hujan, ketika banyak petani menanamnya, harganya bisa jatuh sekali. Saya pernah membeli di petaninya yang sedang panen. Dua puluh ribu rupiah uang yang saya berikan ternyata jagung manisnya dikasih satu karung. Itu tahun 2020 ini lho.
Tanpa disadari, jagung manis ini mengandung khasiat yang sangat bagus bagi tubuh. Di antaranya adalah:
1.         Menyehatkan tulang dan gigi. Seperti dilansir hallopedia.com (23-8-2017), jagung manis mengandung kalium tinggi. Kalium sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi,
2.         Melancarkan pencernaan. Kandungan serat di dalam jagung manis juga bisa mengatasi gangguan pencernaan. Bagi yang sering mendapat gangguan pencernan, jagung manis adalah makanan yang aman. Malah bisa membantu melancarkannya saat perut sembelit.
3.         Mencegah anemia. Anemia adalah penyakit yang seringkali tidak begitu diperhatikan. Padahal anemia, apalagi bagi anak-anak, sangat berbahaya karena bisa mengganggu pertumbuhan. Mengkonsumsi jagung manis bisa mengatasi anemia ini. Ya, karena jagung manis mengandung zat besi.
4.         Menyehatkan mata. Vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata. Salah satu kandungan vitamin yang tinggi di dalam jagung manis yaitu vitamin A. Dengan begitu, mengkonsumsi jagung manis termasuk menjaga kesehatan mata.
5.         Mencegah diabetes. Jagung manis itu rasanya manis. Ya, karena banyak mengandung glukosa alami yang semakin banyak saat menjelang dipanen. Glukosa alami ini tidak meninggikan kadar gula di dalam darah. Kebutuhan makanan yang manis terpenuhi, tapi kadar gula malah cenderung menurun. Itu yang dimaksud mencegah diabetes.
6.         Menambah energi. Jagung manis adalah sumber karbohidrat yang baik. Karenanya mengkonsumsi jagung manis bisa dipakai alternatif pengganti nasi, menyiapkan energi tubuh.
7.         Makanan sehat bagi ibu hamil. Jagung mengandung gizi lengkap yang aman bagi tubuh. Karenanya jagung manis seringkali disarankan sebagai makanan sehat ibu hamil.
8.         Menyehatkan jantung. Seperti dilansir khasiatsehat.com (4-10-2016), jagung manis kaya akan vitamin C, karotenoid, bioflavonoid, yang bisa mengendalikan kadar kolesterol. dan melancarkan aliran darah.
9.         Mencegah rambut rontok. Minyak jagung merupakan campuran vitamin E dan asam lemak. Minyak jagung ini bisa menjaga folikel, mengatasi kerontokan rambut dan menegah penuaan dirin.
Tapi selain berkhasiat, termasuk makanan aman, mengkonsumsi jagung manis secara berlebihan juga tidak baik. Ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan bila mengkomsi jagung manis berlebihan:
a.         Kegemukan. Jagung manis kaya karbohidrat. Cocok dipakai sebagai pariasi, makanan pengganti nasi. Tapi mengkonsumsinya secara berlebihan, apalagi kemudian ditambah juga nasi, badan akan cepat melar. Di kita memang ada joke, sudah makan apapun rasanya “belum makan” bila belum mengkonsumsi nasi.
b.         Gangguan pencernaan dan perut kram.
c.         Ngantuk dan lesu. Jagung juga mengandung zat pati yang mengakibatkan kantuk dan lesu. Bila mengkonsumsi berlebihan, jagung manis bisa membuat ngantuk.
Semoga menambah wawasan dan bermanfaat. @@@
foto: kebun.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Mata Cemerlang, Cermati Khasiat dan Efek Samping Jagung Manis"

Posting Komentar