MENGUKUR BERAT IDEAL dan SEHAT

tersenyum sehat
foto: hellosehat.com

Hari Raya Lebaran sering diidentikkan dengan pesta makanan. Mulai dari kue-kue kering, buah-buahan, hidangan berat seperti kupat-opor ayam, diadakan sejak jauh-jauh hari. Tidak hanya di rumah, tapi juga tetangga, saudara, kenalan, menyambut tamu salah satunya dengan makanan juga. Tidak heran, bila setelah Lebaran banyak orang yang mengeluh dengan berat badannya. Masih alhamdulillah bila tidak dibarengi dengan sakit. Banyak juga yang mengeluh sambil pergi ke rumah sakit.


Tidak apa sebenarnya memanjakan diri dengan makanan setahun sekali. Tapi setelah selesai liburan Lebaran, kita harus kembali ke berat badan ideal. Minimal badan dulu merasa nyaman dan sehat. Tribunnews.com (26-6-2017) melansir, sebelum melakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dan tepat, cara-cara sederhana ini bisa dilakukan sendiri untuk mengecek kesehatan diri sendiri.
1.      Mengukur lingkar pinggang. Ukurlah pinggang (tepat di atas tulang pinggul) atau di sekitar pusar. Bila ukurannya di atas 89 cm, artinya perut Anda sudah menjadi sarang lemak yang berlebihan. Bagi yang ukuran lingkar pinggangnya seperti itu, ada resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
2.      Hitung denyut jantung. Caranya bisa dengan menempelkan (agak ditekan) dua jari di atas pergelangan tangan atau leher. Denyut di dua tempat itu akan lebih terasa. Bila denyutnya antara 60 sampai 100 per menit, detak jantung Anda dalam keadaan normal. Detak jantung normal menggambarkan bahwa kesehatan fisik baik. Bila detak jantuk lebih dari 100 per menit, itu tandanya Anda harus hati-hati. Jantung Anda bekerja lebih keras. Biasanya orang-orang yang kurang aktif cepat terserang gejala seperti itu.
3.      Mengukur persentase lemak tubuh. Mengukur persentase lemak tubuh saat ini sudah biasa dilakukan di pusat-pusat kebugaran atau klinik fisioterapi. Bila hasilnya 20 sampai 32 persen, bagi wanita, itu termasuk fisik yang sehat. Tapi bila lebih dari 32, Anda harus hati-hati karena artinya Anda cenderung tidak sehat.
4.      Mengukur BMI. BMI atau Body Mass Index adalah perhitungan yang berdasarkan tinggi dan berat badan tubuh. Menurut penelitian yang dilansir doktersehat.com, bila angka BMI Anda 25 atau lebih, artinya Anda memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, osteoarthritis, beberapa tipe kanker dan diabetes level 2. Bila angka BMI Anda di bawah 18, artinya Anda beresiko tinggi terhadap osteoporosis atau pertanda kesehatan badan tidak baik. Maka capailah berat badan ideal BMI antara 20 dan 22 bagi wanita dan antara 23 dan 25 bagi pria. Alat pengukur BMI ini biasanya ada di pusat-pusat kebugaran atau klinik
Tentu saja angka-angka itu bisa diperbaiki dengan olah raga teratur, makanan yang terjaga kesehatan dan gizinya, dan tidak berlebihan. Selamat mencoba mencapai angka-angka yang ideal untuk sehat. @@@   

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGUKUR BERAT IDEAL dan SEHAT"

Posting Komentar