Khasiat Lemon Bukan Hanya untuk Kecantikan


khasiat lemon untuk pencernaan

Awalnya ada rasa malas saat dianjurkan untuk minum perasan air lemon. Rasa yang terbayang adalah asam yang keras. Sebenarnya ada yang menganjurkan boleh ditambah gula, tapi saya tidak begitu suka yang manis-manis. Karena saya punya masalah dengan pencernaan, jadilah perasan lemon itu diminum setiap hari. Sebelum ditelan biasanya saya berkumur dengan air lemon itu. Tidak disangka, selain pencernaan yang stabil, linu dan sakit gigi yang kadang muncul tidak terasa lagi.
Lemon kaya dengan vitamin C, juga mengandung vitamin B3, B5, B6, E, betakaroten, biotin, folat, kalsium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng, serat, karbohidrat. Kandungan vitamin C tinggi dan antiseptik membuat lemon sebagai obat meredakan sakit tenggorokan, demam, flu, dan infeksi lainnya.
Banyak keluhan yang sanggup diatasi oleh perasan air lemon, di antaranya adalah:
1.         Mongobati gangguan pencernaan. Air perasan lemon sebagai pemurni darah dan agen pembersih, mengobati gangguan pencernaan dan sembelit.
2.         Mengobati demam. Perasan air lemon meningkatkan keringat, mengatasi demam dan flu.
3.         Mengobati sakit gigi. Bila air lemon dioleskan pada gigi yang sakit akan mengurangi sakitnya. Bila dikumurkan akan mengatasi pendarahan gusi dan menghilangkan bau busuk yang berasal dari masalah gusi dan gigi.
4.         Perawatan rambut. Bila air lemon dioleskan ke sekitar kepala, kulit dan rambut, bisa mengatasi ketombe dan gangguan kulit kepala lainnya. Rambut pun akan cemerlang indah.
5.         Perawatan kulit. Air lemon juga antiseptik alami. Kulit tersengat matahari, komedo, jerawat, bahkan eksim, bisa diatasi dengan air lemon. Meminum air lemon secara rutin akan mencerahkan kulit.
6.         Menghentikan pendarahan. Sifat antiseptik dan koagulan dalam lemon bisa menghentikan pendarahan. Bila mimisan, teteskan saja air lemon ke kapas lalu masukkan ke hidung, beberapa saat darahnya akan berhenti.
7.         Menurunkan berat badan. Air lemon yang dicampur air hangat dan madu,  diminum rutin bisa menurunkan berat badan.
8.         Mengobati kolera. Penyakit kolera atau malaria bisa diatasi dengan air lemon karena berfungsi sebagai pemurni darah.
9.         Mengobati rematik. Lemon juga merupakan diuretik yang bisa menyembuhkan rematik dan artritis.
10.       Mengontrol tekanan darah. Kandungan potasium dalam lemon mengendalikan tekanan darah tinggi, pusing, mual.
Semoga menambah wawasan dan bermanfaat.
Sumber: Buku The Top 100 Healing Foods karangan Paula Bartimeus (Metagra, 2011), organicfacts.net (2-11-2017), foto: hariansehat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Lemon Bukan Hanya untuk Kecantikan"

Posting Komentar