Anda Sedang Hamil? Asyiknya Berkomunikasi dengan Bayi



tersenyum sehat

Sungguh selalu menarik membicarakan hamil, kandungan dan janin. Ada rasa bahagia yang menyusup di hati, membayangkan saat si kecil masih berada dalam kandungan.
Gerakannya, detak jantungnya, bahkan cegukannya menjadi suatu episode yang sulit dilupakan, benarkan?
Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan ibu hamil, salah satunya stimulasi untuk meningkatkan kecerdasan janin dengan cara mengajak komunikasi, yang bisa dimulai saat memasuki rimester kedua usia kehamilan.
Nah, untuk Bunda yang sedang hamil ada cara supaya Bunda bisa berkomunikasi atau bisa berinteraksi dengan si jabang bayi ini. Yaitu dengan cara :
1. Mengajak berbicara. Bunda bisa berbicara segala sesuatu yang akan bunda lakukan, misalnya Bunda akan pergi keluar rumah, “Yuk, debay kita jalan-jalan menghirup udara segar.” Atau “yuk, debay kita berkunjung kerumah nenek.” Dst… Melibatkan si kecil dalam kandungan, menjaga ikatan batin sejak dini.


2. Membacakan cerita. Membacakan cerita dengan suara yang terdengar. Biarkan si kecil dalam kandungan semakin peka dengan suara ibunya. Misal Bunda bisa bercerita mengenai binatang atau apa saja buku yang baik untuk disampaikan kepada janin. Misalnya : "Aku perut, aku berada di bagian tengah tubuh" dll...nanti bisa masuk ke ajakan atau memberitahu mengenai makan yang baik. Bicaralah sesuka Bunda, asalkan tidak mengatakan kata yang negatif. Daripada mengatakan "jangan nakal" lebih baik "anak baik .......,"
3. Mendengarkan lagu bersama. Bunda seringlah mendengarkan lagu yang membuat Bunda bahagia bersama janin, karena ketika Bunda bahagia, janin ikut bahagia.
4. Menyapa. Sapalah janin setiap hari. “Selamat pagi, sayang” atau “assalamualaikum.”
5. Berdoa bersama. Libatkan janin untuk melakukan aktivitas berdoa, ucapkanlah doa supaya janin mendengar.
6. Bagi umat muslim, membaca Al-Qur;an dan mendengarkan murothal merupakan cara yang terbukti menstimulasi kecerdasan.


BACA JUGA:

 NYAMUK MENGINCAR ORANG YANG BERPENYAKIT INI 

 MENGAPA WANITA MENJADI GEMUK SETELAH MENIKAH?

 MENGAPA BAYI MENANGIS? INI 10 KEMUNGKINANNYA

7. Menuliskan surat. Hal ini bisa dilakukan oleh Bunda, sebagai ungkapan keberadaan janin dalam kandungan Bunda. Surat kecil ini bisa berisi harapan, motivasi dan lainnya yang tentu akan memberi kebahagiaan untuk Bunda. Bunda senang, janin senang.
8. Sentuhan, usapan, tepukan. Tiga hal tersebut juga merupakan cara komunikasi dengan bayi yang penting untuk dilakukan.
Nah, Bunda semakin sering kita melakukan komunikasi dengan janin, akan semakin tumbuh ikatan batin Bunda dengan janin. Dan menurut penelitian, ketika janin nanti lahir, akan mudah mengenali suara Bunda dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.
Sebagian Bunda mungkin merasa malu melakukan hal tersebut, takut dianggap aneh, “kok, bicara sendiri?”. Nah, bagaimana menurut Bunda? Yuk share pengalamannya? @@@
sumber: bidanku.com foto: hellosehat.com

tersenyumsehat.blogspot.com ada untuk berbagi info-info kesehatan. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda Sedang Hamil? Asyiknya Berkomunikasi dengan Bayi"

Posting Komentar