Manfaat dan Efek Samping Lip Balm



ingat sebelum pakai lip balm

Banyak produk kecantikan untuk memoles bibir. Lip Balm adalah salah satunya. Mungkin banyak orang yang merasa terinspirasi untuk menggunakan Lip Balm saat bibirnya kering. Bibir kering memang semakin sering terjadi saat udara dingin atau cuaca tidak menentu. Tapi sebelum memakainya, ada baiknya mengetahui manfaat dan efek samping dari Lip Balm.
Manfaat Lip Balm yang paling umum adalah untuk melembabkan dan melembutkan bibir, menghindari bibir kering dan pecah-pecah. Tapi selain untuk bibir, berikut adalah manfaat Lip Balm lainnya.
1.         Lip Balm juga bisa dioleskan ke bagian tubuh lainnya, seperti siku, lengan, telapak tangan, yang kering.
2.         Bila kutikula (bagian kulit mati di pangkal kuku) keras, oleskan Lip Balm pada malam hari, maka keesokannya kutikula itu sudah lembut.
3.         Lip Balm bisa membersihkan rias mata. Gunakan cotton bud untuk mengoleskannya, tapi jangan yang mengandung mint dong.
4.         Cuaca dingin sering membuat kering kulit, terutama bagian tumit, oleskan saja Lip Balm untuk melembutkannya.
5.         Kulit tulang pipi juga suka kering di siang hari, oleskan Lip Balm untuk menghilangkan kusam, dan wajah kelihatan lebih cerah.
6.         Garis-garis halus di sekitar mata juga bisa dihilangkan dengan mengoleskan Lip Balm.
7.         Bulu alis berantakan, oleskan saja Lip Balm agar bersatu kembali dan indah.
8.         Bila sedang flu, ujung hidung sering iritasi, tampaknya merah. Lip Balm mengatasi kemerahan karena iritasi itu.
9.         Untuk membuat efek glossy, oleskan Lip Balm bercampur eye shadow.
10.       Rambut yang susah diatur bisa menjadi lembut dan mudah diatur dengan diolesi Lip Balm.
Meski banyak manfaatnya,  harus diperhatikan juga efek samping dari Lip Balm. Mengoleskan Lip Balm untuk melembutkan bibir membuat orang merasa tergantung kepada Lip Balm. Artinya, pengguna Lip Balm akan merasa keenakan dengan bibir halus dan lembut, makanya dia akan terus mengoleskan dan mengoleskan lagi.
Setiap menjilat bibir yang diolesi Lip Balm, memang ada kepuasan tersendiri. Tapi tanpa disadari, semakin dijilat bibir akan semakin kering. Air liur itu mengandng garam, setiap dijilatkan kepada bibir maka akan cepat menguap dengan membawa sejumlah miyak alami pelembab bibir, meski prosesnya lambat. Tanpa minyak alami bibir akan cepat kering. Maka dioleskan lagi Lip Balm, dijilat lagi, semakin kering lagi. Dengan kata lain, Lip Balm bisa membuat kecanduan untuk mengoleskan lagi dan lagi.
Harus dicermati juga beberapa bahan dari Lip Balm seperti para-aminobenoic acid, sedikit beracun. Setidaknya banyak bahan Lip Balm yang bukan untuk dikonsumsi. Dengan begitu, jangan terlalu sering menjilatinya. Karena bisa ada efek samping ringan seperti diare atau iritasi mata untuk yang dioleskan di sekitar mata. Setidaknya pengetahuan itu bisa dipakai pertimbangan untuk memilih, menggunakan Lip Balm atau mencari cara alami untuk bibir kering.
Semoga bermanfaat. 
Sumber: tempo.co (11-10-2017), hellosehat.com (11-11-2016), foto: honest.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Efek Samping Lip Balm"

Posting Komentar