Ingin Mata Cerlang dan Tubuh Langsing, Konsumsi Buah Kesemek


ingin mata cemerlang dan tubuh langsing konsumsi buah kesemek

Buah kesemek namanya. Sudah termasuk langka di Indonesia ini. Mungkin yang lahir tahun 1980-an ke sini banyak yang tidak tahu. Keberadaan buah kesemek terpinggir, hanya ada di pojokan pasar-pasar tradisional. Padahal di luar negeri seperti Jepang, Korea Selatan, Inggris dan negara Eropa lainnya, buah kesemek mahal dan banyak yang mencari. Orang Yunani menyebutnya food of the God atau makanan para dewa. Dulu di Indonesia juga populer, tapi lambat laun semakin terpinggir.
Seperti dilansir buku Keajaiban Antioksidan Kesemek karangan Redaksi Healt Secret (Kompas Gramedia, 2012), nilai gizi buah kesemek sangat bagus. Dibandingkan dengan apel, kandungan vitamin A, vitamin C dan serat buah kesemek jauh lebih bagus. Makanya bila apel populer sebagai buah sehat dan banyak khasiat, buah kesemek sebenarnya lebih lagi. Makanya di luar negeri mahal dan banyak dicari.
Seperti dilansir mediskus.com (21-6-2017), di antara khasiat buah kesemek adalah:
1.         Membuat tubuh langsing. Setiap 100 gram buah kesemek hanya mengandung 0.19 gram lemak. Artinya, buah kesemek ini aman bagi yang ingin menjaga tubuh ideal. Dimakan rutin pun tidak menjadikan tubuh melar. Malah yang berkecenderungan obesitas, mengkonsumsi buah kesemek membantu menurunkan berat badan.
2.         Menjadikan mata cemerlang. Saat ini kesehatan mata, terutama bagi anak, sangat sering bermasalah. Seorang anak bisa berjam-jam melihat layar komputer atau gadget untuk bermain games atau film. Buah kesemek mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi, 81 IU per 100 gram. Mengkonsumsinya secara rutin membuat mata sehat dan indah.
3.         Mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat buah kesemek termasuk tinggi, yaitu 3.6 gram setiap 100 gram. Artinya, mengkonsumsi buah kesemek membantu memperlancar dan menyehatkan sistem pencernaan. Bagi yang sedang menderita sakit pencernaan seperti diari, susah buang air, sembelit, buah kesemek sudah lama dipakai obat tradisionalnya.
4.         Buah kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker. Kandungan polifenol  bisa menurunkan kolesterol jahat yang artinya mencegah penyakit jantung.
5.         Buah kesemek juga mampu mengontrol kadar gula darah. Jadi, bila buah ini menjadi alternatif makanan penderita diabetes sangat baik.
Masih banyak lagi sebenarnya kandungan istimewa dalam buah kesemek yang bisa dimanfaatkan. Seperti dilansir kawaiibeautyjapan.com (9-12-2015), masalah buah kesemek adalah penampilan yang kurang meyakinkan dan rasanya yang sepat. Rasa sepat ini sebenarnya bisa diatasi dengan merendam buah kesemek dengan larutan kapur. Karena itu bila kita mencari buah kesemek di pasar tradisional, buah ini seperti berbalut bedak. Bedak putih itu adalah kapur yang menempel.
Semoga bermanfaat.
foto: hellosehat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Mata Cerlang dan Tubuh Langsing, Konsumsi Buah Kesemek"

Posting Komentar